Tentang Kami


Latar Belakang Pendirian AP2LI

Didirikan pada tanggal 19 Maret 2014, Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) adalah asosiasi tempat berhimpunnya perusahaan yang bergerak di bidang industri penjualan langsung (direct selling) dan penjualan berjenjang (multilevel marketing) di Indonesia.

Pesatnya perkembangan teknologi masa kini telah membawa dunia masuk pada era globalisasi dan liberalisasi perdagangan.

Hal tersebut sangat berpengaruh dalam perkembangan industri penjualan langsung di Indonesia dimana globalisasi dan liberalisasi perdagangan telah membawa dampak positif maupun negatif bagi industri penjualan langsung. Semakin banyak perusahaan penjualan langsung yang hadir dan bermunculan di Indonesia adalah dampak positif dari globalisasi dan liberalisasi perdagangan.

Hal ini tentunya akan semakin banyak memberikan peluang bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki usaha sendiri tanpa memerlukan latar belakang pendidikan tertentu dengan modal yang relatif rendah namun berpotensi memberikan hasil yang relatif besar. Namun di sisi lain, globalisasi dan liberalisasi perdagangan juga berpengaruh dalam memicu munculnya berbagai skema penipuan yang berkedok sistem penjualan langsung yang dampaknya selain sangat merugikan masyarakat namun juga berdampak pada munculnya citra negatif terhadap industri penjualan langsung. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari globalisasi dan liberalisasi perdagangan tersebut di atas adalah dengan menciptakan dan membangun suasana industrial yang sehat, kondusif, positif dan harmonis.

Seiring dengan hal tersebut maka dirasa penting untuk membentuk sebuah wadah yang mampu menjadi forum komunikasi dan kolaborasi untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang muncul akibat globalisasi dan liberalisasi perdagangan tersebut. Sebuah rumah besar bersama, dimana para pelaku industri penjualan langsung dapat menikmati suasana persaingan usaha yang sehat dan positif serta tumbuh maju bersama. Rumah besar bersama tersebut juga diperlukan agar Indonesia memiliki asosiasi penjualan langsung yang berpihak pada kepentingan industri nasional yang mampu memberikan ruang gerak lebih untuk perusahaan penjualan langsung dalam negeri dan industri produk dalam negeri agar dapat tumbuh besar di negeri sendiri dan memiliki daya saing untuk bersaing dengan perusahaan penjualan langsung yang berasal dari manca negara. Hal ini penting agar kedepannya Indonesia tidak hanya menjadi negara pasar bagi perusahaan penjualan langsung dari manca negara namun perusahaan penjualan langsung dalam negeri juga dapat berkembang dan hadir di manca negara membawa produk dalam negeri. Dalam lingkup yang lebih luas, wadah rumah besar bersama tersebut diharapkan juga dapat menjadi sarana untuk menyuarakan aspirasi dan harapan para pelaku industri penjualan langsung kepada Pemerintah.

Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia merupakan manifestasi nyata dari gagasan rumah besar bersama tersebut. Sebuah sarana perjuangan dari dunia usaha penjualan langsung untuk merealisasikan hubungan industrial yang sehat, kondusif, positif dan harmonis, serta sarana untuk menyalurkan aspirasi, gagasan, pandangan dan harapan masyarakat industri penjualan langsung kepada Pemerintah, agar industri penjualan langsung senantiasa dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional dalam rangka turut serta pada upaya memperkokoh ketahanan ekonomi negara yang tercinta, Indonesia.

Profil Asosiasi

Pelajari lebih lanjut mengenai AP2LI dalam ebook.

Visi & Misi AP2LI

Visi AP2LI

Menjadi sebuah wadah berhimpun dan berkembang bagi perusahaan-perusahaan penjualan langsung dan atau berjenjang di Indonesia, agar kualitas dan partisipasi industri penjualan langsung dalam pembangunan perekonomian nasional Indonesia dapat lebih ditingkatkan dan terarah sehingga dapan menjadi salah satu industri yang strategis dalam perekonomian nasional Indonesia

Misi AP2LI

  • Menjadi wadah pembinaan bagi industri penjualan langsung dan berjenjang di indonesia.
  • Menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan dan mengoptimalkan peranan industri penjualan langsung dan berjenjang dalam usaha peningkatan ekonomi nasional Indonesia.
  • Menjadi wadah komunikasi positif diantara perusahaan penjualan langsung dan berjenjang di Indonesia.
  • Menjadi pusat edukasi dan informasi terpadu tentang industri penjualan langsung bagi masyarakat luas.
  • Menjadi pendorong gerak pertumbuhan dan pengembangan industri penjualan langsung dan berjenjang di Indonesia.

Pengurus AP2LI


Andrew Susanto
Ketua Umum

Dibesarkan dalam keluarga pelaku dan pemerhati bisnis jaringan, Andrew Susanto menamatkan pendidikan menengahnya pada SMA Lab School Jakarta dan kemudian melanjutkan pendidikan tinggi pada Fakultas Teknik Jurusan Sipil di Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Pada saat inilah dimulai karir MLM-nya dengan bergabung sebagai Mitra Usaha (d/h Distributor) pada perusahaan penjualan langsung Mei Hwa dari Malaysia. Tahun 1998 bergabung sebagai Mitra Usaha pada perusahaan penjualan langsung Amway yang tekun dijalaninya sampai mencapai peringkat Platinum dan kemudian pada tahun 2004 menjadi salah satu pemasok produk lokal untuk Amway Indonesia. Dengan berjalannya waktu serta makin dikuasainya seluk beluk bisnis jaringan, pada tahun 2014 menjadi Advisor untuk perusahaan penjualan langsung MCI dan sejak tahun 2018 hingga sekarang sebagai Direktur Eksekutif pada perusahaan penjualan langsung Longrich Indonesia.

Pada tahun 2013 mendapat kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Reguler Angkatan ke-50 pada Lembaga Ketahanan Nasional R.I. (Lemhannas R.I.). Kesempatan ini dimanfaatkannya untuk mempelajari berbagai aspek kebangsaan dan kepemimpinan bersama dengan para tokoh pimpinan berbagai bidang pemerintahan, baik sipil maupun militer dan kepolisian. Kegemaran berorganisasi telah ada sejak muda. Semasa kuliah pernah menjabat Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tarumanagara. Di luar perkuliahan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) serta berbagai organisasi kepemudaan seperti sebagai Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Wakil Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI). Selain organisiasi kepemudaan, aktif juga dalam berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) sebagai Wakil Ketua Umum dan Wakil Sekretaris Jenderal dalam Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA). Dalam organisasi peserta didik Lemhannas bertugas sebagai Wakil Sekretaris Ikatan Alumni Lemhannas Koordinatoriat 50.

Dalam organisasi bisnis bersama rekan-rekannya pada tahun 2014 mendirikan Perhimpunan Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (P3LI) yang kemudian berkembang menjadi Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) dan saat ini bertugas menjabat sebagai ketua umum AP2LI. Ketika ditanya mengapa tergerak untuk mendirikan asosiasi penjualan langsung, dijawab bahwa Indonesia harus memiliki asosiasi penjualan langsung yang lebih nasionalis yang berpihak dan memberikan ruang gerak lebih untuk perusahaan penjualan langsung lokal dan industri produk dalam negeri agar dapat tumbuh besar di negeri sendiri dan mampu bersaing dengan perusahaan penjualan langsung dari manca negara. Hal ini penting agar kedepannya Indonesia tidak hanya menjadi target market atau pasar bagi perusahaan penjualan langsung dari manca negara saja namun perusahaan penjualan langsung dalam negeri juga dapat berkembang di manca negara.

Struktur Pengurus AP2LI

Dewan Pengawas

  1. Thamrin Selamet
  2. Hendra Thiemailattu
  3. Rizky Puguh Wibowo

Dewan Penasihat

  1. Hendra Suyanto
  2. H. Faizin
  3. Setya Dwi Haryanto, ST
  4. Ir. Widarto Wirawan
  5. Bung Rama Linawijaya
  6. Christine Gunadi
  7. Tony Bong

Pengurus Harian

Ketua Umum: Andrew A. Susanto

Wakil Ketua Umum : Dr. Ilyas Indra, SH, MH
Sekretaris Umum : Yeremia M. Kurniawan
Bendahara Umum : Yolanda Augetta
Ketua Tim Verifikasi : Budiman Tanah Djaya

Bidang Organisasi dan Keanggotaan

Ketua : Febrian Agung B. Prasetyo

Anggota :

  1. Leonard Angga Kusuma Putra
  2. dr. Yosef Franciscus
  3. Agus Prehadi

Bidang Media Dan Komunikasi Publik

Ketua : Zainal Hudha Purnama

Anggota :

  1. Michael Tampi
  2. Yono Tjhong
  3. Johanes Dwi Helly Purnomo
  4. Kevin Aprilio

Bidang Pembinaan, Pengawasan dan Kode Etik

Ketua : Bagus Setiawan

Anggota :

  1. Yufita Ernawati
  2. Royis Mohunggo
  3. Heru Santoso
  4. Pindi Kisata

Bidang Hubungan Antar Lembaga

Ketua : Dicky Suryajaya

Anggota :

  1. Mohammad Wahyudi
  2. Paiman
  3. Perpajakan : Abdullah, A.Md.Ak
  4. BPOM & Bea Cukai : Agustinus Mangihuttua Marpaung
  5. Dewan Syariah Nasional : Wilson Mandalaputra

Bidang Sosial dan Pengabdian Masyarakat

Ketua : Ernest Prayuda

Anggota :

  1. Chen Maria
  2. Chandra Gunawan
  3. Yudisgita William Purnomo

Koordinator Pusat Layanan Informasi (PLI)

PLI Jawa Barat : Nurcholis
PLI Jawa Tengah : dr. Tedy Hany August Kalele
PLI Jawa Timur : Stefanus Adit
PLI Kep. Riau : Robert

Kepala Sekretariat AP2LI :

Lely Widyasary

Tumbuh Berkembang Bersama Kami

Hotline
+6221 2789 3317

E-Mail
info@ap2li.or.id



Hubungi Kami


Garden Shopping Arcade
Central Park no. 09-AR,
Jl. Letjen. S. Parman Kav. 28. Grogol
Jakarta Barat 11470, Indonesia

+6221 2789 3317

info@ap2li.or.id

Newsletter

Berlangganan informasi mutakhir seputar dunia network marketing yang terpercaya.