SOP Pengurusan Perijinan Berusaha
Perusahaan Penjualan Langsung

(SIUP KBLI 47999 / SIUPL)

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik, Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 77 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Integrasi Secara Elektronik di Bidang Perdagangan, Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan maka tata cara pengurusan perizinan berusaha di bidang Penjualan Langsung yang meliputi penjualan langsung (direct selling), penjualan langsung satu tingkat (single level marketing) dan penjualan langsung multi tingkat (multilevel marketing) adalah sebagai berikut:

  1. Permohonan SIUP KBLI 47999 diajukan melalui portal OSS dan agar menjadi berlaku efektif maka perusahaan pemohon SIUP KBLI 47999 akan diverifikasi terlebih dahulu oleh Kementerian Perdagangan dalam hal pemenuhan komitmen yang diwajibkan.
  2. Dokumen pemenuhan komitmen yang harus diunggah adalah sebagai berikut:
    • Program Pemasaran;
    • Kode Etik;
    • Kontrak kerjasama atau surat penunjukan apabila perusahaan mendapatkan barang dari Perusahaan lain.
  3. Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi dapat meminta perusahaan pemohon SIUP KBLI 47999 untuk mempresentasikan Program Pemasarannya, dalam hal: a.Verifikator tidak dapat dilakukan verifikasi atas perhitungan total pay out melebihi batas 60% (enam puluh persen) yang ditetapkan dalam PP 29/2021 antara lain karena penggunaan skema komisi dan/atau bonus yang baru dan belum dipergunakan oleh perusahaan lainnya, omset perhitungan komisi dan/atau bonus belum jelas untuk setiap plan pembagian, persentase indeks konstanta (safety net index) atas komisi pasangan tidak dapat diverifikasi. b.Barang yang dijual perusahaan merupakan barang tidak berwujud/digital/software. Presentasi tersebut akan diselenggarakan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah adanya penolakan proses pemenuhan komitmen dan undangan presentasi akan disampaikan melalui e-mail yang didaftarkan. Apabila diperlukan, pada saat presentasi, Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi dapat mengundang Asosiasi di bidang penjualan langsung untuk turut hadir dalam presentasi program pemasaran.
  4. Bila seluruh dokumen telah di verifikasi dan telah lengkap dan benar maka perusahaan pemohon akan menerima email dari Kementerian Perdagangan yang berisi lampiran daftar produk yang adalah merupakan SIUP KBLI 47999 / SIUPL.
  5. Keterangan lebih lanjut perihal proses / SOP verifikasi pemenuhan komitmen guna memperoleh SIUPL dapat ditanyakan kepada Asosiasi melalui e-mail : info@ap2li.or.id atau melalui telepon ke Sekretariat Asosiasi atau pada https://bkpm.go.id. Terima kasih.

Tumbuh Berkembang Bersama Kami

Hotline
+6221 2789 3317

E-Mail
info@ap2li.or.id



Hubungi Kami


Garden Shopping Arcade
Central Park no. 09-AR,
Jl. Letjen. S. Parman Kav. 28. Grogol
Jakarta Barat 11470, Indonesia

+6221 2789 3317

info@ap2li.or.id

Newsletter

Berlangganan informasi mutakhir seputar dunia network marketing yang terpercaya.